Sunday, September 19, 2010

Pinang Bakal Punya Istana Pantun



PINANG, METRO: Ini kabar gembira. Pemko Tanjungpinang, tahun depan akan membangun istana pantun.
Di setiap kesempatan membuka acara seremonial, Walikota Tanjungpinang, Dra Hj Suryatati A Manan selalu membacakan pantun di akhir kata sambutannya. Bukan hanya walikota yang membiasakan menutup kata sambutan dengan sebait pantun. Hampir semua pejabat di jajaran pemko Tanjungpinang, khususnya di setiap SKPD yang menyelenggarakan kegiatan seremonial, tidak pernah melewatkan pantun.
Tak ayal, jika impian tertinggi Walikota Tanjungpinang, untuk mendirikan sebuah istana pantun. Ini salah satu upaya pemerintah Kota Tanjungpinang untuk mengangkat budaya Melayu ke tengah-tengah masyarakat luas.
Bukan hanya sekedar dibacakan dalam setiap acara-acara seremonial. Bait-bait pantun mulai diukir di dinding sekolah, kantor-kantor/ dinas instansi pemerintah dan swasta.
Di tempat-tempat umum, selalu ada bait-bait pantun yang perpajang.
Seperti di papan-papan reklame, tong sampah, imbauan-imbauan pemerintah dan lain sebagainya. Benar-benar menjadi negeri pantun? Sejumlah lomba berbalas pantun juga diselenggarakan oleh pihak sekolah. ‘’Semua itu upaya-upaya pemerintah dan masyarakat dalam membangkitkan keberadaan pantun di tanah Melayu,’’ ungkap Wako.
Maka dari itulah, “saya sangat berharap Tanjungpinang di 2011, sudah ada istana pantun. Betapa indahnya jika istana tersebut nantinya bisa berdiri. Ribuan bait pantun akan berada di Istana Pantun tersebut, beserta nama pengarangnya,’’ ungkapnya penuh optimis.
Memang, sekarang juga sudah terlihat jelas, betapa masyarakat mulai mencintai pantun. Hal ini terbukti dengan adanya pengarang-pengarang pantun yang bermunculan, bahkan mereka juga membukukannya dalam buku kumpulan pantun.

Sumber : PosmetroBatam

No comments: